Sihir Bunga Sakura di Indonesia

Tak ada yang bisa membantah, bunga Sakura memang selalu lekat dengan Jepang. Bahkan ia telah dikukuhkan sebagai bunga nasional bersama dengan Seruni. Tapi, jika Anda menyangka Sakura hanya ada di Jepang, Anda salah. Sakura bisa ditemukan di banyak Negara, termasuk Indonesia sekalipun. Sayangnya, keberadaan bunga Sakura di Indonesia ini belum banyak diketahui masyarakat. Padahal, keindahannya tak kalah dari yang di Jepang.

Kebun Raya Cibodas

Menikmati Sakura tak mesti ke Jepang. Cukup berkunjung ke Kebun Raya Cibodas tepatnya di Desa Cibodas Kecamatan Pacet Cianjur Barat. Sejak tahun 1953, bunga Sakura sudah melengkapi taman di tempat ini. Adapun spesies bunga Sakura yang bisa dijumpai di sana antara lain:
  1. Prunus Cerasoides.
  2. Prunus Lannesiana.
  3. Prunus Yedoensis.
  4. Prunus Jamasakura.

Jika Anda pencinta Sakura, datanglah di bulan Januari sampai Februari dan Agustus sampai September. Pada waktu tersebut, bunga Sakura sedang bermekaran. Untuk jenis Prunus Cerasoides, bisa mekar sampai 2 kali dalam setahun! Warna bunga Sakura yang satu ini merah muda. Dari kejauhan ia tampak seperti kapas indah. Istimewanya, di Kebun Raya Cibodas ini, Sakura disandingkan dengan sungai kecil dari pegunungan dengan air yang jernih dan segar. Anda bisa berjalan kecil dan menikmati udara segar di sini.


Untuk menikmati keindahan bunga Sakura ini, Anda cukup membayar tiket masuk ke Kebun Raya Cibodas. Harga tiketnya Rp.6000, tentu sangat murah mengingat keindahan yang Anda dapatkan begitu eksklusif.

Sakura di Surabaya?

Selain Sakura di Kebun Raya Cibodas, banyak yang menyarankan berkunjung ke Surabaya tepatnya di Jalan Embong Malang. Ada apa di sana? Konon sepanjang trotoar jalan ini dipenuhi bunga yang cantiknya setara dengan Sakura. Tapi benarkah itu bunga Sakura seperti yang banyak diceritakan orang-orang. Sayangnya harus diakui, bunga tersebut bukan Sakura, tetapi Tabebuia Aurea. Bunga yang satu ini memang sepintas mirip dengan Sakura. Anda dengan mudah menebaknya sebagai Sakura terlebih jika belum pernah menyaksikan Sakura langsung.

Meski demikian, Tabebuia Aurea ini memang layak disejajarkan dengan Sakura. Bunganya yang cantik mampu menghias kota dan menjadikannya lebih hidup. Gagasan menanam ‘Sakura KW’ ini datang dari Ibu Tri Rismaharini, Walikota Surabaya. Jika Anda ingin menikmati bunga ini, datanglah di ujung musim kemarau sebab di waktu tersebut si Tabebuia Aurea ini sedang bermekaran. Sensasinya kurang lebih sama seperti menikmati Sakura.

Jadi, masih berpikir tak mungkin ada bunga Sakura di Indonesia?