Belajar Budidaya Bunga Sedap Malam

Dari namanya saja, kita sudah bisa menebak keunikan bunga yang satu ini. Bunga bernama latin Polianthes Tuberosa ini memang baru mekar di malam hari. Ia digolongkan sebagai tanaman hijau abadi dan masuk ke dalam suku Agavaceae. Bunga Sedap Malam ini kabarnya berasal dair Meksiko. Ratusan abad silam, Bangsa Astek sudah mengenalnya bunga cantik ini dengan nama “Bunga Tulang” atau Omixochitl. Saat ini, si Sedap Malam tidak hanya dikenal sebagai penghias taman. Ia bisa menjadi pundi rejeki bagi mereka yang jeli melihat peluang. Bunga Sedap Malam merupakan bahan baku pembuatan parfum yang digemari hingga mancanegara. Jadi, budidaya bunga Sedap Malam tentu menguntungkan bukan?

Teknik Budidaya Bunga Sedap Malam


Pada dasarnya, budidaya bunga Sedap Malam cukup mudah. Tanaman ini tidak menuntut perawatan yang rumit. Selain itu, umurnya panjang sehingga bisa panen berkali-kali. Nah, untuk memulai budidaya bunga ini, ketahui hal-hal dasar berikut:

Syarat Tumbuh

Bunga Sedap Malam tumbuh dan berkembang dengan baik jika ia ditanam di wilayah dengan kelembaban udara yang cukup tinggi. Suhu udara ideal berkisar di angka 13 derajat celcius sampai 27 derajat celcius. Tanaman ini juga menyukai tempat dengan curah hujan 1.900 hingga 2.500 mm. Tempat terbaik sebaiknya mendapat sinar matahari yang cukup misalnya di ketinggian 600 meter sampai 1.500 meter dari permukaan laut. Tentang karakter tanah, bunga Sedap Malam ini bisa ditanam di berbagai jenis tanah asalkan gembur dan terdapat banyak humus di dalamnya.

Persiapan Bibit Sedap Malam

Dalam teknik budidaya bunga Sedap Malam, bibit yang digunakan adalah umbi si bunga itu sendiri. Bibit ini diambil dari rumpun induk. Adapun syarat rumpun induk yang baik, sebagai berikut:
  • Rumpun sebaiknya berusia 2 tahun atau lebih.
  • Indukan tersebut harus sehat dan berbunga lebat.
  • Jangan gunakan indukan dengan rumpun yang terluka sebab akan mempengaruhi kualitas bibit.
  • Umbi dari rumpun yang telah diambil sebaiknya disimpan selama minimal 1 bulan di tempat terbuka sampai tunasnya terlihat.
  • Umbi calon bibit besarnya haruslah seragam.

Persiapan Lahan

Langkah berikutnya adalah mempersiapkan lahan. Adapun syarat yang wajib dipenuhi, sebagai berikut:
  • Olahlah tanah dengan kedalaman 20 sampai 40 cm.
  • Biarkan tanah tersebut selama 2 minggu agar kaya oksigen.
  • Selanjutnya, gunakanlah gumpalan tanah yang tersisa dan buatlah bedengan dengan tinggi 25 cm dan lebar 100 cm.
  • Bedengan yang Anda buat sebaiknya dibuat menghadap ke arah matahari yang terbit.
  • Selanjutnya, taburkanlah pupuk kandang di atas bedengan tadi. Pastikan pupuk merata.
  • Antara masing-masing bedeng dibuat parit agar sistim drainase baik.

Proses Penanaman Bibit

Setelah bedengan yang Anda buat selesai, saatnya memulai proses penanaman, caranya:
  • Buatlah lubang tanam dengan kedalaman yang menyesuaikan dengan tinggi bibit yang hendak ditanam.
  • Jarak antara barisan pertama dan tepi bedengan sebaiknya 10 cm.
  • Tanam umbi bibit Anda yang telah tumbuh tunasnya ke dalam lubang yang telah teredia. Selanjutnya tutup lubang tersebut. Terakhir, berikan pupuk urea, taburkan pada tanaman. Selanjutnya siram bedengan yang telah ditanami bibit sedap malam sampai cukup lembab.

Proses Perawatan Tanaman

Langkah berikutnya adalah perawatan tanaman sedap malam. Proses ini cukup mudah, yakni dengan rutin menyiram tanaman di pagi dan sore hari. Apabila ada bibit Anda yang tidak tumbuh, segeralah lakukan langkah penyulaman. Ganti dengan bibit baru yang sehat. Selanjutnya, pastikan tak ada pengganggu semacam gulma. Besihkan secara rutin agar Sedap Malam tumbuh lebih baik. Lakukan juga pemupukan dengan memakai pupuk campuran UREA dan TSP. Adapun takarannya 50 banding 50. Pupuk ini diberikan setelah tanaman Sedap Malam Anda berusia 6 bulan.

Proses Pemanenan

Tahapan terakhir dalam budidaya bunga Sedap Malam adalah pemanenan. Bunga ini mulai bisa dipanen di usia 7 sampai 8 bulan. BUnga yang dipanen cukup 2 sampai 3 kuntum saja per tanaman. Caranya mudah cukup dengan mencabut tangkai bunga. Lakukan hati-hari agar tanaman Sedap Malam Anda cepat berbunga kembali. Bunga yang telah dipanen tadi disimpan dalam wadah yang telah diisi dengan air, hal ini bertujuan agar bunga tetap segar.

Budidaya bunga Sedap Malam ini mudah sekali bukan? Jadi, apa salahnya dicoba.