Berbagai Macam Jenis Bunga Kamboja

Pasti banyak yang sudah tahu mengenai bunga kamboja atau yang juga disebut adenium! Kebanyakan orang menyebut bunga itu sebagai bunga pemakam karena sebagian besar bunga itu tumbuh di tempat pemakaman atau kuburan. Bunga kamboja atau adenium ini juga mempunyai sebutan lain yaitu kamboja jepang. Banyak mengira nama kamboja jepang berasal dari jepang, padahal bunga ini bukan berasal dari Jepang melainkan berasal dari asia barat dan Afrika. Selain itu bunga ini juga dikenal dengan adenium karena salah satu tempat asalnya adalah daerah Aden yang merupakan ibukota Yaman. Daun tanaman ini ada beberapa bentuk yaitu lonjong, runcing, kecil dan besar, ada yang berbulu halus, dan ada yang tanpa bulu. Bentuk bunganya juga ada beberapa jenis, yaitu bentuk seperti terompet, berkelopak lima, bahkan sekarang sudah dikembangkan kelopak yang bersusun dan dapat menyerupai sususnan buna mawar. Jenis bunga kamboja lebih beragam dengan aneka ragam warna sesuai varietasnya masing-masing.

Berikut ini beberapa jenis bunga kamboja :



  • Adenium Windmill
Daunya panjang, runcing, berbulu, dan berwarna hijau tua. Kelopak bunganya berwarna merah muda dengan semburat putih di tengah kelopak. Pertumbuhanya sedang, maksudnya tidak cepat tetapi tidak juga lambat. Jenis ini rajin berbunga
  • Adenium Swazicum
Daunnya terdiri dari 2 jenis warna yaitu hujau tua dan hiaju muda, dengan bulu-bulu halus dibagian bawah setiap daun. Bunganya berbentuk seperti bintang.
  • Adenium Waterfall
Bentuk daunnya agak membulat dan berbulu. Warna bunganya merah tua dengan bercak putih. Pertumbuhan bunga ini sedang
  • Adenium Obesum
Tanaman ini berasal dari Afrika selatan dan populer sebagai tanaman hias di daerah tropis. Jenis daunnya bermacam-macam mulai dari yang kasar hingga yang sangat tipis. Bunga kamboja ini berwarna merah muda dan putih, tetapi ada juga yang berwarna merah pekat. Jenis kamboja ini adalah jenis yang paling sering berbunga
  • Adenium Multiflorum
Bunga ini terdapat di Afrika bagian selatan di sisi timur. Tanaman ini tinggi dan bercabang dengan daun yang lebar. Bunganya berwarna putih dengan garis merah di pinggirnya. Tanaman ini memiliki masa dorman cukup panjang, dimana tanaman ini akan berbunga tetapi tanpa daun
  • Adenium White Knight
Daun bunga ini berwarna hiaju tua dan tidak berbulu. Bunganya berwarna putih bersih. Pertumbuhan bunga kemboja jenis ini snagat cepat dan rajin berbunga.
  • Adenium bohemianum
Jenis kamboja ini berasal dari Namibia dan Angola. Tanaman kamboja ini bercabang banyak dan merupakan jenis kamboja yang paling besar, tetapi masa tumbuhnya sangat pendek. Warna bunganya putih.

Berikut tadi adalah penjelasan mengenai jenis bunga kamboja semoga ini cukup membantu dalam pencarian anda. Dan perlu dingat tetaplah menjaga tumbuh-tumbuhan dan melestarikan tanaman yang ada di lingkungan kita agar tetap indah.