Kembang Sepatu Tak Sekedar Penghias Taman

Bunga Kembang Sepatu cukup populer di Indonesia. Si Hibiscus rosa-sinensis ini mudah sekali ditemukan di pekarangan penduduk. Tak jarang juga kita menemukannya tumbuh liar di berbagai tempat. Bunga ini memang tak rewel dan cenderung mudah tumbuh. Bunga Kembang Sepatu ini juga tumbuh subur di Negeri Jiran, Malaysia. Bahkan per tanggal 28 Juli 1960, Kembang Sepatu telah dikukuhkan sebagai bunga nasional di sana. Bunga ini memang istimewa, sebab selain elok, ia juga memiliki sejumlah khasiat bagi kesehatan.

Klasifikasi Kembang Sepatu


Sebelum mengurai apa saja khasiat si Kembang Sepatu, tak ada salahnya mencermati klasifikasinya dalam kajian ilmiah sebagai berikut:
  • Kerajaan: Plantae
  • Divisi: Magnoliophyta
  • Kelas: Magnoliopsida
  • Ordo: Malvales
  • Famili: Malvaceae
  • Genus: Hibiscus
  • Spesies: Hibiscus rosa-sinensis

Si Kembang Sepatu ini memiliki bunga yang terdiri atas 5 helai daun kelopak. Bagian ini selanjutnya masih dilindungi oleh Epicalyx atau kelopak tambahan. Hal inilah yang membuat bunga Kembang Sepatu terlihat mempunyai dua lapisan kelopak bunga. Bagian mahkota bunga ini terdiri atas 5 lembar, namun jumlah ini bisa saja berbeda jika ia hibrida. Bagian tangkai putik si Kembang Sepatu memiliki bentuk serupa silinder. Memanjang dan dikelilingi oleh tangkai sari yang berbentuk oval. Tangkai sari ini dipenuhi dengan serbuk sari. Bagian biji si Kembang Sepatu ada di dalam buahnya. Bagian ini mirip dengan kapsul.

Khasiat Bunga Kembang Sepatu


Sejal dahulu, nenek moyang kita sudah memperkenalkan sepatu sebagai tanaman herbal berkhasiat. Manfaatnya dirasakan dari generasi yang satu ke generasi selanjutnya, antara lain:
  1. Sebagai obat flu, demam, batuk dan pilek. Olahlah bunga kembang sepatu layaknya teh. Teh kembang sepatu ini baik bagi Anda yang pilek.
  2. Mampu mengurangi gejala menopause. Wanita yang memasuki usia senja akan mengalami siklus menopause. Ada berbagai gejala tidak enak yang dirasakan, sebut saja perasaan panas dari dalam. Dengan rutin mengkonsumsi teh kembang sepatu, hal tersebut bisa diatasi.
  3. Kaya Anti-oksidan. Tahukah Anda bahwa bunga Kembang Sepatu mampu mengurangi tekanan darah juga mereduksi kolesterol di dalam tubuh Anda. Semuanya berkat senyawa anti-oksidan yang melimpah pada bunganya.
  4. Menanggulangi rambut rontok. Masalah yang satu ini cukup mengganggu bukan? Nah, dengan rutin mengkonsumsi teh bunga Kembang Sepatu, maka rambut Anda yang rapuh akan menjadi kuat dan rontok pun berkurang.
  5. Mengusir Jerawat. Manfaat lain kembang sepatu adalah mengatasi kulit berjerawat. Caranya mudah yakni dengan merendam bunga kembang sepatu selama beberapa jam di dalam air. Setelah itu, haluskan bunga tersebut sampai menjadi pasta. Balurkan ke bagian yang berjerawat.
  6. Menambah energi. Mungkin Anda tak tahu, bunga Kembang Sepatu kaya akan vitamin C. Maka itu ia adalah sumber energi yang baik sebab mampu memaksimalkan sistem metabolisme dalam tubuh.