Menikmati Bunga Sakura di Jepang

Apa yang paling Anda ingat dari Jepang? Jika pertanyaan ini dilontarkan pada khalayak ramai, tentu jawabannya akan beragam. Namun, di antara jawaban tersebut, pastilah kata “sakura” sering muncul. Memang Jepang identik dengan bunga cantik yang satu ini. Bahkan ia dijuluki Negeri Sakura, selain Negeri Matahari tentunya. Banyak pelancong dari berbagai Negara menyambangi Jepang demi Sakura. Memang keelokan bunga Sakura di Jepang sanggup menghipnotis siapapun. Andakah salah satunya?

Berkenalan Dengan Sakura

Bunga Sakura telah dikukuhkan sebagai bunga nasional Jepang (selain bunga Seruni). Bunga ini unik sebab hanya mekar di waktu tertentu saja. Jadi jika Anda pelancong, pastikan Anda mengunjungi Jepang di bulan April. Mengapa? Sebab ia hanya mekar di musim semi, tepatnya di awal sampai akhir April. Sakura ini masih kerabat Rosaceae. Sementara itu genusnya adalah Prunus. Bunga Sakura bisa dijumpai dalam berbagai spesies, antara lain:
  1. Prunus Jamasakura.
  2. Prunus Serrulata.
  3. Prunus X Yedoensis.

Bagi masyarakat Jepang, bunga Sakura lebih dari sekedar hiasan. Ia perlambang hidup yang tak abadi. Ia juga kerap dijadikan simbol perempuan, keberanian, ikatan antara sesama manusia dan juga kegembiraan. Sakura lekat dalam hati masyarakat di sana, jadi jangan heran jika Anda menjumpai banyak barang dengan aksen Sakura di sana.

Tempat Terbaik Menikmati Sakura

Bunga Sakura di Jepang tumbuh hampir di semua tempat. Meski demikian, memang ada beberapa wilayah yang menyajikan pemandangan Sakura yang spekatakuler. Berikut kami sajikan ulasannya.

Osaka: The Osaka Mint Bureau

Di tempat ini ada lebih dari tigaratus pohon sakura yang bisa Anda jumpai. Lokasi detilnya di tepian sungai Okawa. Lokasi ini menjadi tempat paling populer menikmati Sakura. Tempat ini cukup ramai. Ia hanya dibuka sekali dalam setahun. Kabar gembiranya, pengurus Osaka Mint Bureau tidak memungut bayaran masuk. Jadi gratis.

Tokyo: Ueno Park

Taman ini merupakan spot bersejarah bagi Jepang. Ia juga titik nadir kota Tokyo. Konon, dahulu taman ini merupakan bagian dari Kuil edo Kaneiji yang tersohor. Nah saat ini, taman Ueno telah menjadi area publik dan dikenal sebagai spot terbaik untuk menikmati Sakura. Di sana terdapat kurang lebih 10.000 pohon Sakura. Tiap musim semi tiba, warga Jepang berbondong-bondong ke Ueno Park dan melakukan Hanami, makan di bawah pohon sakura dengan bunga yang bermekaran. Romantis!

Kyoto: The Philosopher’s Path

Tempat terbaik menikmati bunga Sakura di Jepang selanjutnya adalah Kyoto. Kota kuno yang juga dikenal sebagai Sister City Jogjakarta ini dipenuhi ratusan pohon Sakura. Di musim semi, tempat ini terlihat sangat indah. Keelokan Sakura berpadu selaras dengan kuil-kul dan bangunan tua di Kyoto lainnya.

Perfektur Nara: Yoshinoyama


Salah satu keelokan Jepang bisa dilihat di Gunung Yoshino yang masuk ke dalam wilayah Perfektur Nara. Tempat ini dikenal sangat romantis khususnya sepanjang musim semi. Ada ratusan ribuan pohon Sakura Ceri yang bisa Anda nikmati di sini. Uniknya, pohon-pohon tersebut ada pada ketinggian yang berbeda. Semuanya ditanam mengarah ke kuil yang ada tepat di puncak gunung Yoshino. Pemandangannya akan membuat Anda takjub bukan kepalang.

Jadi, kapan menikmati bunga Sakura di Jepang?